Selasa, 24 April 2012

papaku hari ini, bagaimana dengan papa kalian?

kangen.
itu rasanya kalau udah beberapa hari ga dihubungin sama orang tua. jarak yang mencapai 300km dari Jatinangor sampai Pekalongan. perjalanan yang ditempuh antara 5-7 jam untuk sampai di rumah tercinta.

penelitian
satu hal yang bikin gue ga bisa pulang untuk beberapa bulan ke depan. demi menggapai sebuah gelar "sarjana" hasil dari belajar selama 3,5 tahun dan tahap pertama membahagiakan orang tua yang sudah berjuang dan mendukung sepenuh jiwa dan raga.

handphone.
satu-satunya alat komunikasi yang bisa banget digunakan pas lagi kangen sama orang tua. sms-an dan telvon-telvonan adalah cara melepas kangen ke orang tua.

dari ketiga hal diatas bisa disimpulkan bahwa nasib gue sampai jam 2 siang tadi adalah seorang anak yang dilanda rasa kangen sama orang tuanya tapi gak bisa pulang karena penelitian dan jarang berkomunikasi sama orang tuanya kalo ga ditelpon sama orang tuanya. (apalah namanya anak yang kayak gitu? ckck).
setelah sedikit mewek gara-gara orang tua gue ga nelpon-nelpon, akhirnya gue ngirim sms pundung a.k.a ngambek dikit ke orang tua gue yang isinya, "assalamu'alaikum mama papa, coba anaknya yang lagi penelitian ni mbok ya ditelpon, masa ga kangen sama anaknya..". *efek iri sama temen yang hampir tiap hari ditelpon sama mamanya*

yah bisa dibayangin, seharian di lahan penelitian yang petakan lahannya harus diukur suhu tanahnya sebanyak 3x sehari dan bosen gila gara-gara ga bisa turun dari lahan. bisa sih, cuma males, ga ada kendaraan. lebih betenya lagi, penelitian udah jalan tapi orang tua ga nanyain perkembangan penelitian gue. guenya juga bukan yang suka nelpon orang tua sih, tapi nunggu ditelpon..haha..

satu jam berlalu.
udah pake efek mewek dulu gara-gara sms ga direspon sama orang tua gue, akhirnya ada balesan juga dari papah tersayang, "ya mbak, maaf". aih, sedihnya papah ngebales kayak gitu. jadi gue yang ngerasa bersalah. sebagai anak kenapa gak gue duluan yang ngehubungin orang tua gue? karena gue cengeng, itu alesannya. apalagi gue lagi kangen mampus sama orang tua gue, otomatis kalo gue yang nelvon duluan maka gue bakal mewek abis-abisan dan ga bisa ngomong :(

baru mau dibales smsnya, si papah nelvon. maka gembira lah gue. ga lanjut nangisnya (posisi di lahan bo', ga mungkin banget kan gue mewek?). ngobrol ngalor-ngidul, panjang-lebar soal penelitian, acara jalan-jalan di kantor si papah, dll, dsb. sampailah pada pengaduan kalau gue susah dapet waktu buat pulang. satu hal yang ditanya sama papah dan sebenernya bisa banget bikin gue mewek adalah, "lah, kalo tanggal 3 nanti kamu dimana mbak? bisa pulang nggak?". "ya di lahan pah, ga mungkin bisa kemana-mana, makanya papah kesini aja tengokin aku sama ganang (red. adek gue)" jawab gue manja. "mau kapan? nunggu adek libur aja ya, nanti papah cuti". seketika airmata gue batal buat keluar lagi..hehe..

berhubung si papah orang sibuk di kantornya, telpon disudahi karena papah mau rapat.

selang beberapa menit, gantian mamah yang nelvon dengan suara serak-serak seksi baru bangun tidur (kebetulan mamah dan papah kompakan tidur siangnya, cuma beda tempat aja dan nelvonnya sama-sama pas baru banget bangun tidur). seperti biasa, selalu banyak cerita kalo udah ngobrol sama mamah, sampe akhirnya ada satu cerita yang kocak banget tentang papah.

alhamdulillah keluarga gue dikasih rejeki lebih sama Allah SWT. papah dan mamah berkesempatan untuk membangun kos-kosan kecil lah di Pekalongan, buat pemasukkan tambahan kalo nanti papah pensiun. alhamdulillah juga udah berdiri tegak untuk bangunan lantai 1, karena kos-kosannya direncanakan akan dibangun 2 lantai. sekarang sedang tahap pengerjaan untuk lantai keduanya, kata mamah. kocak, tiba-tiba papah bilang sama mamah, "mah, ntar dananya yang buat bangun lantai dua disisain yah". "buat apa pah?" tanya mamah. "ya buat ntar kalo mbak gandhes nikah. kan dia maunya adat Jawa komplit. kalo adat Jawa komplit gitu butuh dananya juga banyak" jawab papah. "lah pah, ntar kan dibiayain sama pihak calon suaminya juga. lagian ngapain mau komplit-komplit? emang mau ngundang siapa ntar? lha wong temen-temen juga pada jauh" (red. papah kerjanya pindah-pindah dari satu kota ke kota yang lain dan dari satu pulau ke pulau yang lain, bisa dibayangin kan temen-temen dari keluarga gue kayak gimana sebarannya? hehe.. ). dijawab lagi sama papah, "ya gak apa-apa dari kita juga".


poin pertama yang bisa gue tangkep adalah, papah ga pernah lupa tanggal ulang tahun anaknya, biarpun cukup jarang buat ngehubungin anaknya.
poin kedua. keinginan anaknya yang diutarakan selayang pandang aja masih diinget sama papah sampe sekarang. ga nyangka aja :D

ah~ si papah yang suka banget sama barang kuno, ampe nular ke anaknya.
papah yang sukaaaaaa banget sama musik campursari, lagu koes plus, suka ngajakin mamah duet di kantor pake keyboard punya kantor.
papah yang ga suka diribetin kalo lagi banyak kerjaan di kantor, papah yang makin berumur makin GANTENG.
kangen papah, mamah, dek gandhi. bukan rumah, karena bukan di rumah itu gue tumbuh. :)

inilah cerita papah di hari ini.
efek kangen ni, jadi mellow-mellow mewek gini gue..haha..


-sedang tidak berniat ngerevisi draft gara-gara kesenengannya kuadrat-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar